Motivasi Bekerja di Usia Remaja


Perubahan global tidak hanya mempengaruhi perubahan secara fisik semata ternyata dapat mempengaruhi pemikiran manusia. Pada dasarnya ide-ide tersebut secara terus-menerus berkembang sehingga remaja sekarang mempunyai pemikiran yang dewasa seperti belajar bekerja di usia remaja. Hal ini dilakukan remaja sekarang mungkin karena adanya faktor-faktor tertentu seperti adanya faktor ekonomi yang kurang, adanya kemandirian, dan banyak lagi faktor-faktor lainnya.

// Pengertian Remaja //
Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Di masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun.
Generasi remaja memerlukan pengendalian diri karena remaja belum mempunyai pengalaman yang memadai dalam perkara ini. Masa remaja banyak menyentuh perasaan seorang remaja sehingga menimbulkan jiwa yang sensitif dan peka terhadap diri dan lingkungannya. Pada usia remaja sangat memerlukan kebebasan emosional dan material. Kematangan dalam bidang fizikal atau tubuh mendorong remaja untuk berdikari dan bebas dalam mengambil keputusan untuk dirinya sehingga remaja terlepas dari emosi orang tua dan keluarga. Sampai orang tua tidak memahami keinginan yang tersimpan di dalam jiwa remaja, sehingga membatasi sikap, kepribadian dan tindakan-tindakan mereka, dengan alasan mereka belas kasihan dan lain-lain. Dengan cara orang tua sedemikian, remaja merasa dirinya tidak dipercayai lagi, akibatnya remaj yang tidak memahami akan hakikat dirinya sendiri akn memberontak dan melawan kepada kedua orang tua. Remaja yang beriman akan mengerti bahwa rasa kebebasan yang timbul dari dalam dirinya itu bukan selamanya harus dituruti, tetapi harus diatasi dengan cara yang bijaksana. Memang betul dalam satu aspek remaja memerlukan kebebasan untuk menentukan keputusannya, namun dari aspek lain remaja masih memerlikan orang tua untuk membimbing dan memberi tunjuk ajar kepadanya.

// Pengertian Motivasi //
Motivasi merupakan dorongan untuk berbuat yang berasal dari dalam diri manusia. Motivasi dalam suatu perbuatan memegang peran sangat penting. Kuat lemahnya upaya yang dikerahkan seseorang dalam mengerjakan sesuatu sangat ditentukan oleh motivasinya. Oleh karena itu, mengetahui dan membina motivasi yang benar adalah suatu kemestian bagi siapa saja yang ingin meraih keberhasilan. Motivasi yang mendorong manusia untuk melakukan perbuatan dapat digolongkan menjadi tiga yaitu:
Motivasi fisik-material
Motivasi psiko-emosional
Motivasi spiritual atau ruhiyah

// Faktor-faktor yang Mempengaruhi Remaja Bekerja //
Pengaruh Lingkungan
Pengaruh lingkungan juga mempengaruhi remaja tersebut untuk bekerja dikarenakan mengikuti trend atau mungkin karena terpaksa bekerja untuk mencukupi kebutuhan remaj tersebut karena uang yang diberi orang tua hanya cukup untuk kebutuhan, sedangkan untuk kebutuhan yang kita inginkan mungkin tidak tercukupi. Agak sulit juga bila seorang remaj selalu mengandalkan orang tua mungkin dengan bekerja uang tersebut bisa lebih bebas untuk dibelanjakan (dapat bebas menentukan pilihan). Dan seorang remaja tersebut lebih bangga memiliki uang sendiri yang dari hasil kerja keras sendiri.

0 comments:

Newer Post Home